Tuesday, May 20, 2014

Tim Burton, Dark and Gothic


Source

Foto-foto diatas tidak asing bagi kalian bukan? Mungkin beberapa dari foto-foto di atas mengingatkan kalian akan film yang pernah kalian tonton. Yap! Beetul banget! Foto-foto di atas adalah tokoh-tokoh dari beberapa film terkenal. Sebagian besar wajah di atas juga bukanlah wajah yang asing di dunia perfilman. Dia adalah Johnny Depp. Tapi, bukan dia yang menjadi tokoh yang akan kita bahas kali ini. Beberapa dari tokoh-tokoh film di atas antara lain Ichabod Crane dari film Sleepy Hollow, Mad Hatter dari film Alice in Wonderland, Willy Wonka dari film Charlie and the Chocolate Factory dan beberapa karakter lainnya.
                Selain kesamaan aktor yang memerankan tokoh utamanya, film-film yang sudah disebutkan tadi juga memiliki persamaan lain. Film-film tadi disutradarai oleh orang yang sama yakni Tim Burton.

Source

                Nama Tim Burton tentunya sudah tidak asing lagi bagi para pecinta film terutama yang bergenre fantasi. Film-Film yang disutradarai Burton nampak begitu khas dengan nuansa gelap dan terkesan gothik sehingga para pecinta fim dapat dengan mudah membedakan film-film Burton dengan film-film yang lain.
                Tim Burton bernama lengkap Timothy Walter Burton. Lahir di  Burbank, California, USA pada tanggal 25 Agustus tahun 1958. Burton mengawali karirnya dengan bergabung dengan Disney pada tahun 1980-an sebagai animator.

beberapa film karya Tim Burton

                Film-film Burton yang banyak dikenal antara lain Edward Scissorhands (1990), Batman Returns (1992), Sleepy Hollow (1999), Charlie and the Chocolate Factory (2005), Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street (2007), Alice in Wonderland (2010), Dark Shadows dan Frankenweenie (2012). Loh itu kok filmnya Johnny Depp semua ya?  Tim Burton memang dikenal mempunyai hubungan yang dekat dengan aktor serba bisa itu, baik hubungan profesional maupun hubungan personal. Bahkan Johnny Depp dipilih Burton untuk menjadi ayah baptis dari putra Tim Burton, Billy Ray Burton. Burton kini juga tengan menjalin hubungan pertunangan dengan aktris Helena Bonham Carter yang juga terlibat di banyak film Burton seperti Alice in Wonderland dan Sweeney Todd.

Tim Burton dengan Helena Bonham Carter
Source

Sebenarnya masih banyak lagi film-film Burton yang sukses memikat mata dan hati pecinta film dunia. Bahkan Burton juga bertindak selaku produser film Abraham Lincoln: Vampire Hunter (2012) dan animasi terkenal The Nightmare Before Christmas (1993). Keunikan dari film-film karya Tim Burton membuatnya memiliki penggemar sendiri di dunia perfilman.
Oh iya dilangsir dari situs imdb.com ada beberapa fakta menarik tentang Tim Borton nih. Beberapa diantaranya adalah; Burton sudah disewa untuk menyutradai film Superman pada tahun 1997 namun kemudian proyek film tersebut dibatalkan. Hampir kemanapun ia pergi, Burton selalu membawa sketchbook kecil dan sekotak cat air. Burton juga berada di urutan ke 49 dalam daftar Greatest Director of All Time oleh Entertainment Weekly dan menjadi yang termuda dari 50 nama sutradara. Burton seringkali tampak mengenakan pakaian hitam-hitam karena dia mengaku tidak sukan menghabiskan banyak waktu untuk menyocokkan warna. Dan fakta yang cukup unik adalah Tim Burton adalah seorang penggemar Bollywood.








No comments:

Post a Comment